Apa itu Database : Pengertian , Fungsi , Macam atau jenis – jenis database

Apa itu Database : Pengertian , Fungsi , Macam atau jenis - jenis database

Pengertian dari Database ?

Basis data atau database adalah kumpulan informasi atau data yang tersusun dan terorganisir dalam bentuk skema , tabel , query dan objek lainnya . untuk proses pemasukkan atau sering disebut input dan mengambil informasi atau data dari sebuah media penyimpanan data kita memerlukan perakat lunak yang bisa disebut dengan nama Sistem manajemen basis data (database management system / DBMS) .untuk semua akses kebasis data atau ke database semua akan ditangani oleh DBMS .

Fungsi dari databse ?

seiring perkembangan jaman , hampir semua industri atau perusahaan didunia sudah menggunakan teknologi yang sangat maju , salah satunya adalah pengunaan datase dengan tujuan membantu sistem bisnis perusahaan tersebut , selain dari itu banyak sekali fungsi database , yaitu sebagai berikut :

  1. Dapat mengelompokkan data dan mempermudah kita dalam identifikasi data tersebut . jadi suatu saat kita membutuhkan informasi kita bisa mencari berdasarkan kata kunci yang kita inginkan dan database akan menampilkan data atau informasi tersebut secara lengkap yang telah disimpan sebelumnya.
  2. Menghindari duplicat atau data yang sama  dan inkonsistensi data . saat mengimput sebuat data kedatabase , database memiliki suatu kemampuan untuk memberitahukan kepada user bahwa data yang kita input telah ada dalam database tersebut , sehingga bisa menghindari namanaya duplikasi data . biasanya user menghindari duplikasi data ini dikarenakan jika ada data yang sama yang telah diinput akan memakan atau menggunakan banyak penyimpanan sebuah data .
  3. Mendukung aplikasi yang membutuhkan space atau tempat penyimpanan data . banyak sekali aplikasi yang sudah berkemang sekarang , dan hampir semua membutuhkan yang namanya database untuk menyimpan data mereka .

Jenis – Jenis Database .

banyak sekali jenis atau macam database yang bisa kita gunakan untuk menyimpan data , misalnya seperti berikut ini .

Operational Database ( Basis Data Operasional )

kita bisa juga menyebutnya sebagai OLTP tau On Line Transaction Processing , database ini memungkinkan user untuk memodifikasi data (menambah , menghapus , mengubah ) secara realtime .

1. JSON

JSON ( JavaScript Object Notation ) sangat sering kita jumpai pengunaannya pada web browser dan web server , JSON adalah format file yang menggunakan teks untuk mengirimkan sebuah data , JSON juga memungkinkan untuk melakukan sinkronisasi data dan dapat dilakukan secara real-time .

JSON sendiri berasal dari javascript , file JSON sendiri menggunakan ekstensi khusus yaitu “.json”

2. Extensible Markup Language atau XML

Extensible Markup Language adalah bahasa markup yang mendefinisikan seperangkat aturan untuk menjandikan dokumen dalam format yang bisa dibaca manusia dan bisa dibaca oleh mesin .

XML lebih menekankan generalisasi sehingga dapat menghasilkan format data tekstuan dan bisa digunakan untuk representasi struktur basis data termasuk sinkronisasi data secara realtime .

Relational Database ( Basis Data Relasional )

rata – rata pengunaan sistem basis data relasional menggunakan SQL (Structured Query Language) sebagai bahasa untuk query dan pemeliharaan database .

3. MySQL

salah satu database yang populer adalah MySQL . MySQL adalah sistem manajemen data relasional . MySQL adalah sistem manajemen basis data relasional open source (RDBMS) dengan model client-server. RDBMS adalah perangkat lunak atau layanan yang digunakan untuk membuat dan mengelola basis data berdasarkan model relasional.

4. PostgreSQL

PostgreSQL adalah Sistem Manajemen Basis Data Relasional (RDBMS) adalah kumpulan yang diberi nama objek SQL. Ini adalah kumpulan skema dan skema berisi tabel, fungsi, dll.

5. MongoDB

MongoDB adalah database sumber terbuka yang menggunakan model data berorientasi dokumen dan bahasa kueri yang tidak terstruktur.

Karena ini adalah basis data buka SQL, ia tidak menggunakan baris dan kolom yang biasa kami asosiasikan dengan manajemen basis data relasional.

6. MariaDB

MariaDB awalnya dikembangkan dari sistem manajemen basis data relasional yaitu MySQL . pengembanganya sendiri dipimpin oleh pengembang dari MySQL . dibuatnya MmariaDB dikarenakan untuk mempertahankan kompatibilitas yang tinggi dengan MySQL dan cocok sekali dengan pengunaan API pada MySQL .

Database Warehouse

Database Warehouse adalah sebuah sistem basis data yang biasanya digunakan untuk keperluan laporan dan anlisis data , basis data ini dianggap sebagai komponen utama dari business inteligence . Database Warehouse menyimpan data terkini dan historis dalam sebuah tempat dan nantinya akan digunakan kembali untuk membuat laporan analisis .

7. Microsoft SQL Server

Microsoft SQL Server adalah sistem manajemen basis data relasional yang dirancang untuk aplikasi dengan arsitektur client-server. Fitur dalam Microsoft SQL Server yang memiliki kemampuan untuk membuat mirroring dan clustering database. Microsoft SQL Server juga mendukung SQL sebagai bahasa untuk memproses kueri ke dalam database dan kami tahu bahwa SQL sudah digunakan secara umum untuk semua produk server database.

Distributed Database (basis data terdisitibusi/tersebar)

basis data ini berbeda dengan yang lainnya , dimana perngkat penyimpanan dati database ini tida terpasang langsung pada perangkat komputer yang sama , basis data ini disimpan di berbagai perangkat komputer baik terletak pada lokasi yang sama atau mungkin terletak pada jaringan komputer yang tersebar dan saling berhubungan .

8. Microsoft (Office) Access

Microsoft Access adalah program perangkat lunak basis data yang membuat memanipulasi data dapat dikelola untuk pengguna dari berbagai tingkat keahlian. Anda dapat memasukkan data dan mengurutkan, memfilter, atau mengelompokkan informasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Access memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi lebih cepat dengan memberikan beberapa perintah untuk memberi tahu program apa yang sedang dicari.

End-User Database

9.SQLite

SQLite adalah pustaka perangkat lunak yang mengimplementasikan mesin database SQL transaksional mandiri, tanpa server, nol konfigurasi. SQLite adalah mesin database SQL yang paling banyak digunakan di dunia.

Kode sumber untuk SQLite ada di domain publik. Tutorial ini akan memberi Anda awal yang cepat dengan SQLite dan membuat Anda nyaman dengan pemrograman SQLite.

jadi itulah penjelasan tentang Pengertian , Fungsi , Macam atau jenis – jenis database , semoga teman – teman idetips bisa mengerti dan memahaminya .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *