Gutenberg Editor: Jenis-Jenis Block

Seperti yang sudah dijelaskan pada postingan cara menghapus blok sebelumnya, block merupakan element yang bisa anda gunakan untuk menambahkan element lainnya seperti : paragraph, heading, gambar dan lainnya.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa jenis dari Block yang ada di Gutenberg Editor. Setiap element seperti paragraph, heading dan lainnya dibedakan kedalam kelompok-kelompok. Berikut beberapa penjelasan Jenis-jenis block pada Guntenberg Editor di wordpress.

sebelumnya pastikan anda sudah tau bagaimana cara menambah sebuah block di Gutenberg Editor, jika belum bisa membaca Gutenberg Editor : Cara menambah sebuah block khususnya untuk pemula.


Most Used

Most used akan menampilkan block yang sering anda gunakan, nantinya akan muncul saat anda mengklik pada bagian tersebut. block yang umum digunakan biasanya seperti heading, paragraph dan image. Tergantung content yang anda miliki.


Common Blocks

Ada beberapa block yang bisa anda gunakan pada bagian Common blocks, sebagai berikut :

Paragraph

Block ini akan menampilkan text biasa. Biasanya digunakan untuk bagian kalimat atau deskripsi

Heading

Block ini bisa digunaka untuk membuat sebuah judul besar atau heading. Heading sendiri terdiri dari H1 sampai H6

Image

Block ini bisa anda gunakan untuk menambahkan gambar

File

Block ini bisa anda gunakan untuk menambah sebuah file dan nantinya file tersebut bisa didownload oleh pengunjung

Gallery

Berbeda dengan fitur image, blok ini juga akan membantu anda untuk memasukkan gambar namun dengan style gallery yang bisa disusun secara rapi. Jadi membuat tampilan grid anda dalam tampilan grid atau yang lainnya, sehingga terlihat lebih menarik dan modern

Quote

Block ini digunakan untuk menampilkan sebuah Quote. Quote dalam artian buka kata-kata motivasi atau lainnya, tetapi bisa kata apa saja yang menurut penting dan membutuhkan ruang untuk mendapatkan perhatian lebih

List

Block ini digunakan untuk menampilkan daftar. Style dari list ini bisa berbentuk bullet atau lingkaran dan angka pada bagian tepi.

Audio

Blok yang bisa anda gunakan untuk menambahkan file audio. Blok ini akan secara otomatis diformat sebagai pemutar audio.

Cover

Block ini bisa anda gunakan untuk menambahkan gambar dengan gaya text overlay. intinya menampilkan gambar dengan teks yang menutupi gambar tersebut.

Video

Block ini bisa anda gunakan untuk menambah sebuah video. Nantinya secara otomatis video tersebut akan di format menjadi pemutar video dan bisa diputar oleh pengunjung.


Formatting

Bagian kedua adalah formating. Pada bagian ini biasanya berisi blok yang bisa digunakan dalam format-format tertentu, misalnya code, HTML, table dan lainnya. berikut penjelasan tentang bagian Formatting :

Code

Block yang digunakan untuk membuat sebuah teks dengan format code. Bentuk teks yang ditampilkan akan berbeda dengan yang ditampilkan pada paragraph

Classic

Block ini bisa digunakan untuk menambahkan gaya editor classis yang ada pada wordpress 4. Nantinya akan ada tools dari classic editor yang bisa anda gunakan. Seperti gambar berikut ini :

block classic editor pada Gutenberg Editor
block classic editor pada Gutenberg Editor

Custom HTML

Block ini bisa digunakan untuk memasukkan code HTML dalam sebuah post, supaya nantinya akan diformat menjadi text biasa buka diimplementasikan menjadi code html yang dijalankan untuk sebuah halaman. Jika anda ingin membagikan code HTML atau yang lainnya, sebaiknya gunakan format ini.

Preformatted

Blok ini hampir sama dengan HTML namun yang membedakan adalah beberapa tools styling yang bisa anda gunakan seperti bold, italic dan lainnya.

Pull Quote

Hampir sama dengan block quote namun pull quote tampil dengan beberapa piliha styling text yang keren, mulai dari bold, italic, link dan lainnya. ada 2 bagian dari Pull quote yaitu Quote dan citation.

Table

Block ini akan membantu anda untuk membuat sebuah tabel dengan sangat mudah dan otomatis. Anda bisa memilih jumlah baris dan kolom yang di inginkan dan juga beberapa text styling lainnya seperti bold, italic, link dan lainnya.

Verse

Blok ini akan membantu anda memformat teks menjadi format ayat.


Layout Element

Masuk ke bagian ke-3. Bagian ini akan membantu anda untuk menyusun sebuah tata letak pada postingan atau halaman. Berikut penjelasan block yang ada di Layout element :

Button

Blok ini akan membantu anda untuk membuat sebuah tombol yang bisa diklik. Yang nantinya bisa anda isi dengan link atau action lainnya.

Column

Block ini bisa anda gunakan untuk membuat bagian-bagian terpisah dalam sebuah postingan.

Media & Text

Block ini bisa anda gunakan untuk membuat sebuah media (foto, video dan lainnya) dan content secara terpisah. Media dibagian kanan dan content dibagian kiri atau sebaliknya.

More

Dengna block ini anda bisa menyembunyikan content yang berada disebelumnya dan untuk menampilkan content tersebut harus mengklik Read more atau baca selengkapnya

Page Break

Block ini akan membuat sebuah breakpoint di postingan atua halaman. Nantinya konten yang berada setelah breakpoint/Page break, maka akan ditampilkan pada halaman berikutnya.

Separator

Block ini akan membuat sebuah pemisah antar konten. Bisa berupa garis lurus panjang atau titik-titik.

Spacer

Block ini bisa digunakan untuk menambah spasi atau jarak antar konten. Jarak tersebut bisa anda atur sendiri dengan mengarahkan kursor pada bulatan biru dan drag keatas atau kebawah.


Widgets

pada bagian ini ada beberapa widget yang bisa anda tambahkan langsung ke postingan atau halaman, seperti : last comment, tag, rss dan lainnya. berikut penjelasan Widgets pada Gutenberg editor :

Shortcode

Block untuk menambah shortcode yang biasa digunakan di wordpress

Archives

Blok yang akan menampilkan tautan atau link ke arsip posting, biasanya setiap postingan dipisahkan berdasarkan bulan.

Calender

Block ini bisa anda gunakan untuk menambah calender dan tanggal yang bisa anda pilih

Categories

Block ini akan menampilkan semua atau beberapa category yang ada di website anda

Latest Comments

Block yang akan menampilkan komen terakhir dari postingan tersebut

Latest Posts

Block ini akan menampilkan link dari postingan terakhir anda

RSS

Block ini memungkinkan anda untuk menampilkan RSS dari sebuah URL yang disubmit secara manual.

Search

Block yang bisa anda gunakan untuk menampilkan kolom pencarian pada sebuah postingan

Tag Cloud

Block ini akan menampilkan semua tag yang ada di website anda dengan tampilan cloud atau mendatar


Embeds

Bagian block ini akan membantu anda untuk menampilkan konten dari pihak ke-3 mau itu berupa video, gambar, text dan lainnya kedalam sebuah postingan, yang umumnya seperti video youtube. ada banyak situs yang telah didukung oleh Gutenberg untuk ditambahkan diantara lain :

beberapa situs yang bisa di embed langsung ke postingan melalui Gutenberg Editor
beberapa situs yang bisa di embed langsung ke postingan melalui Gutenberg Editor

Untuk yang lainnya silahkan lihat langsung di Gutenberg Editor.


Tambahan (Yoast Seo)

Jika anda menggunakan beberapa plugin lain akan ada beberapa bagian block yang ditambah. Seperti contoh, saya menggunakan Yoast seo akan ada beberapa block tambahan dari Yoast Structured Data Blocks diantaranya :

How-to

Block ini akan membantu anda membuat sebuah format tutorial dan tentunya sudah tersusu rapi mulai dari Judul tutorial, description dan lainnya. anda bisa menambahkan step jika tutorial tersebut memiliki lebih dari 1 step. Selain itu bisa juga menambahkan gambar dan styling font lainnya.

FAQ

Block ini akan membantu anda membuat sebuah frequently asked questions atau konten tanya jawab singkat seputar postingan tersebut.

 

Kesimpulan

Jadi itulah beberapa Penjelasan block di Gutenberg Editor. Jika anda tergolong baru menggunakan WordPress dan GutenbergĀ  Editor, saya sarankan untuk mempelajari hal ini terlebih dahulu. jika ada kesalahan dalam pengetikan, kekurangan penjelasan dan lainnya silahkan berikan kritik dan saran dikolom komentar. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *