Cara memasang Lazy load Google Adsense

cara menggunakan dan memasang lazy load untuk iklan google adsense di blogspot atau wordpress

Cara memasang lazy load adsense – Kecepatan akses untuk sebuah website menjadi hal terpenting , user atau pengujung website atau blog kita akan merasa nyaman apabila website kita bisa diakses dengan waktu yang cepat , maka dari itu banyak sekali hal yang harus diperhatikan saat anda membuat sebuah website , mungkin jika anda menggunakan self-hosted seperti wordpress anda juga harus memperhatikan hosting yang anda gunakan , gunakan hosting yang memiliki kecepatan yang sangat baik walaupun rata-rata hosting seperti itu memiliki harga yang mahal . beda hal-nya jika kamu pengguna blogger.com atau blogspot karena saat kita membuatnya kita tidak perlu susah-susah memikirkan hosting karena otomatis menggunakan server yang di sediakan oleh google / blogger.com , lalu bagaimana cara optimasi blog untuk kecepatan loading blog jika kita menggunakan blogspot ? sebetulnya sama saja , mungkin satu perbedaannya kita tidak bisa berpatok kepada hosting , dan salah satu solusi yang paling populer untuk optimasi kecepatan loading blog ini yaitu pengunaan lazy load pada beberapa elemen , seperti Gambar , Google adsense , dll .

Apa itu Lazy Load ?

menurut wikipedia.com lazy load itu adalah pola desain yang biasa digunakan dalam pemrograman komputer untuk menunda inisialisasi suatu objek sampai pada titik dibutuhkannya. lazyload digunakan untuk mengoptimasi kecepatan dari sebuah website , nantinya beberapa element yang menggunakan lazy load contohnya gambar , akan terload belakangan . nah selain gambar ternyata ada salah satu hal yang juga membuat blog atau website kamu menjadi berat , yaitu iklan Google adsense , ya javascript yang diload dari google adsense akan membuat web kamu menjadi cukup berat , maka dari hal itu kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan Lazy load for adsense .

catatan :
sebelum menggunakan lazy load GA , untuk memastikan bahwa tutorial ini berfungsi kamu bisa cek dulu kecepatan loading web kamu di GTmetrix atau pagespeed google insight , catat atau ingat sebelum dan sesudah menggunakan lazy load

Cara pasang Lazy Load untuk Google adsense

Cara kerjas dari lazy load for google adsense ini sangatlah simple , nantinya JS Adsense akan muncul jika user mengulir halaman atau melakukan scrool , jadi sebelum di scrool pastinya tidak akan muncul .

  1. Buka blogger.com
  2. Click menu “Tema” > Click “Edit HTML”
  3. cari code <script async src=”//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js”></script> , setelah itu hapus semua code tersebut (mungking bisa lebih dari satu tergantung sebelumnya berapa banyak script iklan google adsense yang kamu pasang) .
  4. Tambahkan code dibawah ini tepat diatas atau sebelum code </body> atau &lt;!–</body>–&gt;&lt;/body&gt;
  5. Simpan atau save tema

<script type=’text/javascript’>
//<![CDATA[
// Lazy Load AdSense
var lazyadsense=!1;window.addEventListener(“scroll”,function(){(0!=document.documentElement.scrollTop&&!1===lazyadsense||0!=document.body.scrollTop&&!1===lazyadsense)&&(!function(){var e=document.createElement(“script”);e.type=”text/javascript”,e.async=!0,e.src=”https://cdn.jsdelivr.net/gh/Arlina-Design/quasar@master/arlinablock.js”;var a=document.getElementsByTagName(“script”)[0];a.parentNode.insertBefore(e,a)}(),lazyadsense=!0)},!0);
//]]>
</script>

Apakah aman menggunakan Script Lazy load GA ?

pasti menjadi pertanyaan buat kalian jika menggunakan script ini apakah aman untuk akun google adsense saya ? tentu saja aman , karena google sendiri menyarankan untuk mengoptimasi kecepatan loading blog seperti pemasangan lazy load pada image , refresi lainya bisa di cek di Support Google.

Kesimpulan

lazy load itu bisa digunakan dibeberapa element yang ada di blog seperti gambar , termasuk pengunaan-nya di google adsense , menurut pengalaman saya sendiri salah satu yang membuat blog saya menjadi berat yaitu bersal dari javascript GA yang di load , jadi tidak ada salahnya menggunakan lazy load untuk kepentingan user atau pengunjung blog kita .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *