Cara membuat subdomain di blogspot

cara setting domain di blogger

Blogspot merupakan salah satu platform menulis yang bisa anda gunakan secara gratis dan bisa diakses di Blogger.com , saat anda membuat sebuah blog pada layanan ini anda akan mendapatkan subdomain secara otomatis yaitu .blogspot.com , nah selain itu anda juga punya kewenangan untuk mengcostum atau menganti dari subdomain menjadi domain TLD . idetips sendiri menggunakan platform blogger.com sebagai media berbagi dan menggunakan costum domain yaitu idetips.com , selain bisa menggunakan domain tld anda juga bisa menggunakan subdomain , contohnya seperti blog.idetips.com , jika kamu sudah terbiasa menggunakan subdomain di cpanel , wordpress , atau di vps kamu mungkin ini termasuk hal yang mudah . biasanya subdomain dibuat untuk keperluan lain , misalnya ada topik yang berbeda dari domain utama dan hal lainnya . trus bagaimana sih cara setting subdomain di blogspot ? , sebetulnya ini merupakan cara yang sangat mudah , bahkan di beberapa provider domain juga sudah menyediakan tutorial tersebut , misalnya seperti hostinger , rumahweb , idwebhost dan lainnya .

Cara setting subdomain

  1. Login ke blogger.com
  2. lalu masuk ke menu “setting/setelan” > “dasar/basic
  3. klik “+ Setup a 3rd party URL for your blog” .
    image by : rumahweb
  4. pada kolom yang tersedia , isi dengna subdomain yang ingin anda gunakan. (Ex : blog.idetips.com)

    nantinya akan muncul CNAME yang harus anda tambahkan di Control panel domain

  5. silahkan login ke Control panel domain .
    disini saya menggunakan rumahweb , jadi saya harus login ke rumahweb dan bagian domain > DNS (Domains > My Domains > klik Active > DNS Management)
  6. selanjutnya add new record
    disini kita menambahkan record type “CNAME” (ikuti gambar dibawah)
  7. jika sudah selesai menambhakn record pada control panel domain , silahkan kembali ke blogger dan klik save .
  8. selesai.

setelah melakukan setting atau menambah record di control panel domain dan kembali ke blogger untuk melakukan save biasanya tidak langsung bisa di save , kita harus menunggu beberapa saat hingga proses sinkron pada control panel domain selesai .

Kesimpulan

seperti yang saya katakan diatas provider domain atau dimana tempat kamu membeli domain biasaya telah menyediakan tutorial yang berkaitan dengan cara setting domain maupum subdomain , coba saja ikuti tutoria tersebut , dikarena setiap provider domain memiliki control panel yang berbeda walaupun tidak terlalu berbeda sekali , jika kamu pengguna rumahweb kamu bisa coba tutorial diatas atau langsung cek di website resmi dari rumahweb .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *