pemeliharaan jaringan nirkabel

pemeliharaan jaringan nirkabel

Jika sudah tau bagaimana membangun sebuah jaringan nirkabel saja tidak cukup, anda harus tau bagaimana cara perbaikan kerusakan pada jaringan nirkabel yang termasuk ke dalam hal pemeliharaan jaringan nirkabel. Hal ini penting anda ketahui guna untuk mengetahui cara perbaikan kerusakan atau permasalahan pada jaringan nirkabel yang sudah anda buat.

Sebetulnya untuk cara perbaikan kerusakan pada jaringan nirkabel, umumnya mengacu ke perangkat dan beberapa alat yang anda gunakan. Untuk melakukannya pemeliharaan banyak sekali yang bisa anda lakukan, mulai dari memantau peforma jaringan, upgrade firewall bahkan sampai ke OS yang digunakan. Berikut ini kami jelaskan langkah apa saja yang anda lakukan untuk memperbaiki jaringan nirkabel.

Pemilihan peralatan jaringan nirkabel

BAGAIMANA pemeliharaan jaringan nirkabel YANG BAIK DAN BENAR TEKNIK INFORMATIKA

Semua peralatan yang anda gunakan saat membangu sebuah jaringan nirkabel haruslah diperhatikan, mulai dari merk, ketahanan bahkan sampai garansi. Biasanya beberapa peralatan seperti router, access point sangat rentan rusak. Kerusakan tersebut akan terlihat setelah 30 hari pemakaian, apalagi pemakaian full 24 jam.

Garansi termasuk hal yang peting diperhatikan, jika saat baru menggunakan perangkat tersebut tetapi tiba-tiba rusak, maka disinilah fungsi dari garansi untuk menganti ke yang baru. berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan saat memilih dan membeli perangkat jaringan nirkabel.

  1. Tanyakan apakah peralatan yang anda beli, memiliki garansi dan berapa lama waktu garansi yang diberikan.
  2. Pastikan ke penjual terkait kebijakan, syarat dan ketentuan jika ingin menggunakan garansi tersebut
  3. Perhatikan, penawaran layanan perpanjang garansi yang diberikan toko, apakah ada atau tidak, jika ada berapa lama dan kemana bisa menglami dari perpangjangan garansi tersebut, apakah langsung ke toko atau ke supplier

Pengaturan Data Rate

Umumnya kartu jaringan dan router wireless memiliki nilai default kecepatan pengiriman informasi atau data rate, hal ini memang secara otomatis akan ditentukan dan pada umumnya pengguna tidak mengubah hal tersebut.

Namun untuk mendapatkan sinyal jaringan yang luas, maka anda perlu melakukan kostumisasi terhadap data rate tersebut, mau itu dipercepat atau diperlambat, sesuaikan dengan kebutuhan.

Mengubah Channel Wireless Router

Untuk menghindari adanya bentrok atau interferensiantara router anda dan router lainnya, maka dari itu anda perlu mengubah channel router. Untuk mengubah sebuah channel router hanya bisa dilakukan, jika kartu jaringan wireless, bisa dilakukan set secara otomatis terhadap channel yang sedang digunakan di router anda

Gunakan Teknologi 802.11g

Sampai saat ini teknologi 802.11g, masih menjadi teknologi jaringan cepat dan stabil. Kecepatan jaringan pada teknologi ini bisa sampai 54Mbps. Jika anda menggunakan router 802.11b atau yang lainnya, maka perlu dilakukan upgrade terlebih dahulu. Namun perlu anda perhatikan bahwa tidak semua router support untuk melakukan upgrade ke 802.11g.

Monitoring Performa jaringan

Penting sekali untuk mengetahui bagaimana peforma jaringan anda selama ini berjalan. Apakah berjalan dengan stabil dan baik atau malah sering mengalami kerusakan atau disconnect. Ada beberapa hal yang bisa diukur dengan monitoring performat jaringan, antara lain :

  1. Level noise : dikukur dalam satuan dBM. Fungsinya untuk mengukur tingkat interfensi atau gangguang lain dari jaringan, biasanya semakin rendah jaringan semakin bersih
  2. Signal to Noise Ratio (SNR) : Merupakan rasion perbandingan antara sinyal jaringan dan noise jaringan. Satuan ukurannya yaitu dB

Selain beberapa hal diatas, masih banyak acuan atau hal yang bisa diukur atau diperhatikan saat memonitoring sebuah jaringan.

Upgrade Firmware Wireless Router

Firmware biasanya digunakan untuk mengontrol aktiftas dari router, umumnya orang menyebut Firmware sebagai otak dari router, isinya tak lain adalah instruksi-instruksi pengontrolan jaringan. Untuk menjaga keamanan router dan mempercepat kinerja router, maka perlu dilakukan upgrade firmware, apalagi jika router yang anda gunakan termasuk router yang sudah lama dibeli dan digunakan.

Gunakan Program Telnet

Telnet biasanya digunakan untuk menjalankan beberapa perintah ke perangkat jaringan yang kita gunakan seperti router. Tentunya untuk melakukan hal ini diperlukan perangkat komputer atau laptop, nantinya perangkat jaringan tersebut harus disambungkan dahulu ke komputer menggunakan kabel dan baru bisa melakukan konfigurasi dengan perintah-perintah yang dimasukkan di telnet. selain itu dengan Telnet anda bisa melihat statistik dan memonitoring perangkat jaringan yang sedang digunakan.

Protocol Filtering

Gunakan Protocol Filtering untuk alasan keamanan, anda bisa menentukan inbound dan outbound protocol yang diperbolehkan dalam perangkat jaringan. Ada banyak fungsi dari Protocol Filtering, seperti : mencegah orang lain menggunakan SNMP (Simple Network Management Protocol), Menyaring pesan-pesan ICMP (Internet Control Message Protocol) untuk mencegah serangan Ddos dan lainnya.

Perluas jaringan

Perluasan area jaringan juga termasuk ke dalam pemeliharaan jaringan nirkabel, apalagi jika wilayah cakupan jaringan nirkabel yang cukup luas. Untuk memperluas jaringan nirkabel sudah banyak cara yang bisa anda lakukan, dibeberapa antaranya :

  1. Peningkatan level kekuatan transmisi
  2. Menggunakan antena dengan kualitas yang baik
  3. Menambah atau menggunakan perangkat amplifier atau penguat
  4. Penguatan sinyal dengan repeater

Filtering SSID dan Mac Address

Untuk alasan keamanan jaringan nirkabel, maka anda perlu melakukan penyaringan terhadap perangkat SSID atau Mac address yang menggunakan jaringan nirkabel anda. Secara mudah anda bisa mencegah orang lain melalui SSID untuk menggunakan jaringan nirkabel tersebut, selain itu anda bisa membatasi akses berdasarkan MAC access control lists (ACLs) yang sebelumnya telah tersimpan di router.

Jauhkan Wireless Router dari Peralatan Elektronik

Untuk menjaga kecepatan dan kekuatan sinyal jaringan nirkabel anda, maka jauhkan wireless router dari perangkat elektroik yang bisa merusak atau mengganggu sinyal jaringan nirkabel anda. Khusunya untuk perangkat elektronik yang menggunakan gelombang radio, seperti telephone rumah, oven microwave dan lainnya.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk pemeliharaan jaringan nirkabel. Jika anda seorang mahasiswa mungkin sudah mendapatkan materi memperbaiki jaringan nirkabel dan mungkin sudah bisa dipraktekkan.

Tentunya jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atau kerusakan pada perangkat jaringan nirkabel, maka anda harus memperbaiki jaringan nirkabel segera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *