Comet Cache : Cara Download, install dan settings

Salah satu cara mempercepat loading blog yaitu dengan menggunakan Plugin yang tersedia yang memang dikhususkan untuk menunjang kecepatan suatu loading website. Sudah banyak sekali Plugin yang bisa digunakan, plugin cache, minimize code dan lainnya.

Pada kesempatan ini saya akan merekemondasikan salah satu plugin cahce yang membantu anda untuk membuat loading website anda menjadi lebih cepat dan ringan. Diantara banyakanya plugin cache, Comet Cache menjadi salah satu piliha plugin yang bagus. berikut cara menginstall dan settings Plugin Comet Cache.

Daftar isi

Cara Download dan install plugin Comet Cache

Pertama, kita pastikan bahwa anda sudah mendownload dan install plugin Comet Cache. Jika belum anda bisa langsung mendapatkan plugin Comet Cache di website plugin wordpress. Untuk Comet Cache terdiri dari 2 versi, yaitu : versi gratis dan premium. Pada tutorial ini kita akan menggunakan versi gratis yang bisa di install langsung melalui wordpress atau halaman plugin wordpress.

cara settings Comet Cache
cara settings Comet Cache
  1. Login ke Website wordpress anda
  2. Lalu pada bagian sidebar kiri klik plugins dan pilih Add new
  3. Selanjutnya pada kolom search dibagian kanan atas, ketik Comet Cache
  4. Jika sudah anda akan melihat plugin Comet Cache, klik install Now pada bagian plugin tersebut
  5. Jika proses install sudah selesai, tekan Active

Cara setting Plugin Comet Cache

cara settings Comet Cache
tampilan pengunaan comet cache saat dilihat melalui view source

Setelah melakukan penginstall sekarang kita masuk ke pengaturan Comet Cache, pada proses ini kita akan melakukan setting atau setup untuk hal-hal yang diperlukan saja. karena ini versi free jadi tidak banyak fitur yang bisa digunakan. Berikut pengaturan plugin Comet Cache :

Untuk masuk ke menu pengaturan Comet Cache, bisa diakses langsung melalui Sidebar dan berada di paling bawah dengan dengan nama menu Comet Cache

Enable Cache

Pertama, anda bisa mengaktifkan Cahce dari Comet Cache. Caranya silahkan centang pada bagian Yes, Enable Comet Cache

cara settings Comet Cache
cara settings Comet Cache

lalu scroll ke bawah dan klik Save All Changes

cara settings Comet Cache

Terakhir untuk melihat perubahan dari pengunaan Comet Cache, silahkan tekan Clear pada bagian kanan atas.

cara settings Comet Cache

Sampai disini sebetulnya sudah selesai dalam melakukan settings Comet Cache. Lah, cuman gitu aja pengaturannya ? ya, untuk pengaturan lainnya sebetulnya sudah disesuaikan secara otomatis oleh plugin, Comet Cache akan memberikan settingan terbaik secara otomatis. Untuk fitur lainnya sebetulnya masih ada, namun seperti yang kita bahasa sebelumnya fitur itu hanya bisa diakses untuk versi premium. Karena tutorial ini menggunakan Free jadi hanya sebatas mengaktifkan cache pada plugin Comet Cache.

Demikianlah cara setting plugin Comet Cache. Sebetulnya plugin Comet Cache versi gratis sudah cukup bagus untuk mempercepat loading website wordpress anda. namun jika ingin lebih lagi silahkan beli versi pro dari Comet Cache dengan harga yang bervariasi tergantung banyak site yang ingin digunakan. Jika anda pengguna baru di wordpress anda bisa membaca artikel kami tentang Belajar menggunakan Gutenberg khusunya untuk pemula. semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *