Pengertian Dork : Arti , Fakta , Contoh dan Pengunaan .

Apa itu Dork atau dorking

Pengertian Dork – salah satu hal yang sering kita lakukan saat berselancar diinternet adalah menggunakan google sebagai tempat untuk menemukan sesuatu , kita bisa mengetik apa saja yang ingin kita cari di google . ada satu hal lagi yang mesti anda ketahui , yaitu pemanfaatan Dork atau Dorking , Dorking bisa diartikan mencari sesuatu dengan sangat detail . begitu juga jika kita menggunakanya pada search engine google , google dorking bisa diartikan juga mencari sesuatu pada google dengan rinci atau detail . oh iya , dork atau dorking tidak hanya berlaku pada google saja loh , dork atau dorking bisa kita gunakan pada beberapa search engine lainnya , seperti Yandex , bing dan lainnya .

jadi pada kesempatan ini idetips akan membahas lebih rinci tentang dork , mulai dari pengertian , fakta , contoh dan pengunaan dork tersebut .

Apa itu Dork / Dorking ?

seperti yang telah kita bahasa diatas tadi , kita bisa mengambil pengertian singkatnya , Dorking adalah kegiatan mencari sesuatu dengan search engine dengan detail / rinci . yang jelas berbeda saat kita melakukan pencarian pada umumnya , pengunaan-nya biasanya digunakan untuk mesin pencarian seperti google , ya google menjadi salah satu mesin pencarian yang sangat sering digunakan dalam pengunaan dork , karena memiliki informasi dan database yang sangat besar dibanding dengan mesin pencarian lainnya .

Fakta Dork / Dorking ?

pengunaan dork pada umumnya digunakan untuk mencari hal yang lebih mendetail seperti penjelasan diatas , contoh mencari music , buku , ebook dan lainnya .

tapi disisi lain pengunaan dork ini banyak sekali digunakan oleh orang untuk mencari Vulnerability dari sebuah website dengan tujuan melakukan hacking pada website tersebut atau untuk mendapatkan akses pada web tersebut , banyak sekali turial hack website yang menggunakan metode dorking .

Contoh / jenis Dork .

intitle

digunakan untuk mencari sesuatu berdasarkan judul atau title pada suatu website

inrul dan site

inrul dan site hampir memiliki kesamaan , untuk inrul digunakan untuk mencari sesuatu berdasarkan sebuah url , contoh pengunaannya inurl:facebook.com , sedangkan site lebih kepada pencarian berdasarkan country domain / domain sesuai negara , contohnya  site:.us intext:”Shop”

filetype

sesuai sebutannya , filetype digunakan untuk mencari sesuatu berdasarkan tipe file , contohnya intext:skripsi filetype:pdf . maka hasil yang keluar adalah file yang bertipe pdf .

intext

untuk intext sendiri sering sekali digunkan , untuk pengunaan ini kita mencari sesuatu berdasarkan string atau text yang ada pada sebuah website .
contohnya intext:”makalah bahasa inggris” , jadi saat kita search kita akan menemukan beberapa website yang didalamnya terdapat kata-kata makalah bahasa inggris

sebetulnya masih banyak contoh atau jenis dork yang lainnya , untuk yang diatas saya lebih memberitahukan untuk dork yang sering digunakan , jika menurut anda ada yang kurang coba tambahkan di kolom komentar .

Contoh Pengunaan Dork

sebetulnya setelah menyebutkan jenis dan contoh diatas , ada beberapa contoh pengunaan yang sudah saya sebutkan .

contoh :
site:idetips.com intext:PUBG

nah untuk contoh diatas artinya adalah saya akan mencari di website idetips.com dengan kata-kata atau text PUBG , nantinya akan muncul beberapa artikel dari idetips.com yang memuat text PUBG . contohnya seperti gambar dibawah ini .

contoh pengunaan dork pada google

catatan :
pengunaan dorking supaya lebih akurat silahkan gunakan tanda “” .
contoh site:idetips.com intext:“PUBG”

jadi begitulah sedikit penjelasan mengenai Dork aau dorking , ada beberapa point yang saya jelaskan mulai dari pengertian Dork atau Dorking , fakta dibalik pengunaan dork , contoh atau jenis dork , dan juga pengunaan dari dork itu sendiri , semoga artikel tadi bermanfaat , jika ada yang kurang mohon maaf dan bisa comment dibawah , thanks ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *